Minggu, 23 Oktober 2011

Prakarya "Robot Kabel" dari Bahan Bekas

Ketika kusampaikan tentang lomba membuat Prakarya dari Bahan Daur Ulang/Bahan Bekas, 'Abdan yang memang sedang memainkan 'Robot Kabel' nya segera menyambut tawaranku dengan antusias. Segera saja kuminta ia mengulangi pembuatan mainan sederhananya itu. Kemudian kuambil gambarnya dan siap untuk didokumentasikan.



'Robot Kabel' -nama pilihan 'Abdan sendiri- ini ia temukan berawal dari kegiatannya mengikuti Fathin, sang kakak membongkar-bongkar keyboard bekas. 'Abdan menemukan potongan kabel dari bongkar-bongkarnya itu. Lipat sana, lipat sini, terbentuk setengah jadi sebuah orang-orangan tanpa tangan. Ketika kutawari untuk ikut lomba kusarankan ia mencari lagi potongan kabel yang masih tersisa untuk disambung menjadi tangan. Setelah disambung jadilah orang-orangan 'Robot Kabel ' itu...Berikut bahan dan cara pembuatan ''Robot Kabel'...


Bahan :


Bahan : Potongan kabel bekas, dikupas sebagian kulitnya


Cara Membuat :

Pertama : 'Abdan memasukkan ujung kabel kecil (hitam) ke potongan kabel  besar (putih)

Potongan kabel yang telah dilipat menghasilkan bentuk seperti ini

Kedua :  'Abdan menyambung kedua potongan kabel itu


Hingga  menghasilkan bentuk seperti ini

Ketiga : 'Abdan menggunting potongan kabel besar untuk membuat tangan robotnya

Keempat : Memasukkan isi kabel untuk mengikat

 Kelima : 'Abdan mengikat kabel putih itu 

Robot Kabel siap berpose

Prakarya ini membawa 'Abdan belajar tentang kreativitas dan peran. Otaknya berputar ketika melihat seutas kabel. Keseimbangan otak bisa didapat dengan ketrampilan-ketrampilan semacam ini. Otak kiri berkembang saat tangan-tangan mulai bergerak membuat rangkaian. Otak kanan pun demikian ketika pertama kali membayangkan bagaimana kabel bisa diubah menjadi sebuah permainan juga ketika memainkannya setelah robot sederhana itu berhasil diciptakan. Teruslah berkarya, Nak!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar